Sabtu, 19 Maret 2011

JEJARING SOSIAL BUATAN ANAK NEGERI [ INDONESIA ]


FUPEI (Friends Uniting Program Especially Indonesian) adalah sebuah situs jaringan sosial yang berdiri pada bulan Mei 2004 menyediakan ruang gerak untuk kegiatan pertemanan bagi penggunanya secara interaktif. Berawal dari booming situs-situs jaringan sosial seperti friendster pada tahun 2004, FUPEI yang turut ikut memberikan sebuah ruang untuk pengguna internet di Indonesia merupakan sebuah bentuk user-generated-content yang mencakup foto, musik, video, dan lain-lain. Pengguna-pengguna tersebut kemudian dikenal dengan nama fupeis. 
FUPEI yang berdiri pada bulan Mei 2004 didirikan oleh Sanny Gaddafi. Pada mulanya, ide dasar untuk membangun situs ini berawal dari hanya sebuah hobi yang dipicu oleh merajalelanya Friendster pada saat itu. Namun, lama kelamaan FUPEI mendapat tanggapan yang positif dari pengguna internet di Indonesia. Sejak pertama diluncurkan, pendaftar-pendaftar di FUPEI setiap hari terus bertambah. Hal ini menjadikan sebuah motivasi bagi sang pendiri untuk terus bekerja keras mengembangkan situs jaringan sosial ini.
FUPEI mulai melakukan perombakan dari sisi teknologi dan antar-muka pengguna pada bulan Agustus 2006 guna meningkatkan usabilitas untuk para penggunanya. Hal ini menjadikan FUPEI dapat meraih peningkatan jumlah pengguna dalam waktu singkat dan terus berkembang hingga saat ini.
Adandu adalah sebuah situs web video sharing dan layanan upload video berbentuk komunitas maya yang menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen. Layanan yang ditawarkan berupa fasilitas upload (pemuatan) video dari berbagai sumber, pencarian konten, sistem komentar berbentuk teks maupun video, sharing atau berbagi dan sindikasi materi ke berbagai website pihak ketiga, serta pemutaran video streaming melalui penjelajah web.

Fasilitas layanan video yang ditawarkan sebenarnya mirip dengan layanan situs berbagi video lainnya seperti YouTube maupun Metacafe, namun Adandu memiliki tambahan fasilitas berbeda berupa fitur pengeditan video secara online yang disebut Video Mashup[1][2][3]. Guna menunjang fasilitas layanan video dan mempermudah interaksi antar pengguna, situs Adandu juga menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti upload dan pemutaran berkas audio atau musik, upload foto, gambar atau grafik, layanan blog pribadi, forum Internet, group, sistem rating atau penilaian konten yang disebut Chips & Karma dan Adandu Gifts [4], sistem klasifikasi isi atau tag, halaman profil pribadi, serta sistem pertemanan online.

Situs yang diluncurkan tanggal 18 November 2009 ini diprakarsai bersama oleh web designer muda, Edi Chin dan Stefen W. Wijaya, berdasarkan visi seorang wiraswastawan wanita muda, Gardenia Putri. Pengelolaan komunitas dan situs Adandu ditangani oleh PT. Nuansa Aspirasi Bening, sebuah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang jasa Internet di Jakarta, Indonesia.

DIGLI adalah situs pertemanan dengan rasa Indonesia dimana seluruh pengguna DIGLI bisa berinteraksi satu sama lain sehingga membentuk sebuah aktifitas bersosialisasi.Lebih mudah mendapatkan temanDengan DIGLI, para pengguna bisa lebih mudah mendapatkan teman-teman baru karena di sini para pengguna DIGLI lebih mudah mengakrabkan diri dengan pengguna lainnya. Selain itu, berbagai fasilitas yang tersedia sangat mendukung para penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan pengguna-pengguna lainnya,kalau dalam penilaian situs ini menggabungkan antara facebook dengan kaskus.ingin gabung klik ya disini
Merupakan sebuah social networking yang baru, diperkenalkan tahun 2008. Situs ini mengusung tema jejaring sosial dengan tagline “Community Gathering, Start From Indonesia”. Otofriends dikembangkan oleh mahasiswa asli dari Indonesia, sampai saat saya menulis posting-an ini, saya belum tahu siapa nama pasti mahasiswa tersebut, (pemilik tidak mengespost jati dirinya, hanya menisbahkan diri sebagai Team Otofriends) beberapa forum mengidentifikasinya sebagai mahasiswa Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Beberapa user yang telah bergabung, menilai akses Otofriends tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Jika dibandingkan dengan Facebook, fitur Otofriends mirip Facebook. Fitur Otofriends dapat dikatakan merupakan kombinasi (gado-gado) dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, bahkan Multiply. gabung ya klik disini
LiLO―singkatan dari Little Online―dikembangkansebagai medium berkumpul anak muda yang berkonsep virtual world society (VWS). Sandi Pinatabahri, Manajer Bisnis M-Stars, menyampaikan, “Kami mengembangkan LiLO ke arah VWS karenamemang kami ingin memberikan tempat untuk anak-anak muda bersosialisasi, berkreasi, dan mengekspresikan dirinya di virtual world.”mau gabung klik disini
Kongkoow merupakan situs jejaring sosial bercitarasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun email, file sharing, video streaming, dan blogging. Jadi sebetulnya kualitas produk-produk Indonesia gak kalah bagus dan kreatif dibandingkan dengan produk luar dan mungkin bisa menyaingi produk luar, siapa tau Indonesia bisa terkenal dengan website jejaring socialnya, bukan terkenal karna sering di bom. Dan mana bisa malingshia se kreatif warga Indonesia, mereka cuma bisa ngambil punya orang aja. mau gabung klik disini

Revenue sharing yang ditawarkan Indoface adalah system point, yang mana setiap member akan mendapatkan point berdasarkan intensitas aktifitas nya di Indoface, diantaranya: refer/invite friends, upload photos, creating groups, dan lain-lain. Point tersebut dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah yang disediakan oleh Indoface, seperti: handphone, modem, TV, dan lain-lain.


Salingsapa.com (Sarana Silaturahmi)

Situs yang beralamat web www.salingsapa.com, ini resmi diluncurkan di Bandung pada 1 Muharam 1431 H, atau tanggal 18 Desember pada kalender Masehi, oleh Muhammad Yahya Harlan. Walaupun diluncurkan di Bandung, namun salingsapa.com telah memiliki server yang berbasis di Jakarta untuk memudahkan dan mempercepat aksesnya serta pengawasan konten oleh adminnya, yakni Yahya sendiri beserta ayahnya. Siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung itu terinspirasi untuk membuat situs jejaring sosial karena munculnya situs jejaring serupa yang juga buatan orang Indonesia. SalingSapa kini telah memiliki sekitar 5500 member yang tersebar di 46 negara di seluruh dunia, dengan hit sejumlah 2.300.000-an, dan diperkirakan akan terus meningkat ke depannya. Karena perkembangannya yang pesat, salingsapa.com kini telah mendapat dukungan dari beberapa perusahaan teknologi dan layanan telekomunikasi seperti Graha Fatta, IDC, MAXINDO, ARSEN, serta Razaki Technology.

9. My Pulau

MyPulau adalah sebuah situs jejaring sosial yang dibuat oleh salah satu penyedia jaringan seluler yang ada di Indonesia. Situs ini dibuat pada bulan November 2007, namun kemudian mengalami peremajaan ulang pada tanggal 14 November 2009 dan diluncurkan di Pulau Anyer, Kepulauan Seribu. Situs jejaring sosial yang satu ini memiliki kelebihan dimana semua hal yang dimiliki  situs jejaring sosial ternama seperti facebook dan twitter ada disini. Bahkan yang ada dalam mypulau.com tidak terdapat pada facebook dan twitter. Contohnya adalah kita dapat membuat blog di Mypulau.com lewat fitur MyBlog.  Selain fitur myblog, status yang ada di mypulau.com dapat di share pada facebook, friendster dan twitter dengan fitur Social Status Integrator mau gabung klik saja disini .


10. Bukuteman.com
Bukuteman kini dapat saling berkomunikasi dengan mengirimkan kabar menggunakan update status cepat sepanjang 1000 karakter. Melalui media percakapan ini anda juga dapat mengirim pesan, gambar, dan video ke semua orang! Juga sangat mudah untuk menemukan dan terhubung dengan pengguna yang lainnya melalui kiriman pribadi dan tetap mengetahui update kabar mereka. Semua ini dan banyak lagi, hanya dalam sebuah desain interaktif yang sangat simpel. Mau gabung klik aja disini 

11. Okkot.com
Okkot adalah sebuah jejaring sosial yang dibuat oleh seorang mahasiswa fakultas kedokteran gigi, asli indonesia.
Mau bergabung klik aja disini





RM adalah jejaring sosial muslim indonesia yang mempunyai tujuan untuk menghidupkan tali sillaturahim antar muslim indonesia. Itulah tadi sebagian kecil dari jejaring sosial buatan indonesia yang saya ketahui dan saya rekomendasikan, semoga bermanfaat. mau bergabung klik aja disini 

13. Koprol.com
Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa, Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol menjadi sesuatu yang lain. Ada pun tim Koprol yang dimaksud adalah Satya Witoelar sebagai desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai Production Director, dan Daniel Armanto sebagai Engineering manager. Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Ini dapat dilihat dari jumlah pengguna Koprol yang mencapai kurang lebih 80.000 orang setelah satu setengah tahun lahirnya Koprol. Ini juga mengagetkan SkyEight yang merupakan perusahaan pengembang perangkat lunak, di mana Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto turut bergabung. Akhirnya pada Februari 2009 Koprol pun diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite. Koprol menggunakan spesifikasi teknologi ubuntu 8.04, apache2, passenger 2.2.1, Ruby Enterprise Edition 20090421, rails 2.3.2, dan MySQL 5 pada server nya. Bentuknya seperti mikroblog yang sedang marak belakangan ini. Mikroblog secara singkat adalah bentuk blog sederhana yang memungkinkan bagi pengguna internet yang sedang bepergian untuk tetap dapat menuliskan teks pembaharuan singkat yang biasanya kurang dari 200 karakter dan mempublikasikannya.

14. PlanetBiru.com
Planet Biru adalah jejaring sosial Indonesia yang hadir sejak tanggal 14 Oktober 2008. Planet Biru dibuat oleh Kamshory atau biasa dipanggil Mas Roy, seorang mahasiswa Teknik Elektro Universitas Andalas - Padang. Fitur Planet Biru.
Planet Biru meluncurkan versi mobile sehingga Planet Biru dapat dibuka dari berbagai jenis dan merek handphone yang dilengkapi dengan fitur WAP. Ukuran file sangat kecil dan paling kecil di antara jejaring sosial yang ada. Dengan demikian, Planet Biru lebih cepat dibuka dan lebih hemat pulsa.
Planet Biru Mobile dapat dibuka dengan alamat http://m.planetbiru.com. Pada beberapa jenis dan merek handphone, apabila pengguna membuka http://planetbiru.com atau http://www.planetbiru.com, Planet Biru akan langsung mengarahkan ke http://m.planetbiru.com secara otomatis.

15. kayakiye.com
Sejak munculnya Kayakiye pada bulan Desember 2010, hanya dalam waktu 1 minggu, anggota situs ini telah mencapai 3600an orang. Terbentuknya situs KayaKiye diawali oleh keinginan tim Pengembangan Media situs ngapak.com(2006) untuk melanjutkan program ngapak.com tentang pembentukan situs untuk komunitas Ngapak yang berfungsi mewadahi berbagai aktivitas berbahasa Ngapak. Dalam jangka waktu satu bulan, yaitu Januari 2011, anggota aktif situs ini telah berjumlah 21102 orang. Sampai saat ini, Maret 2011 jumlah anggota aktifnya adalah 41521. Dinilai dari pertumbuhan jumlah anggota aktifnya yang cukup pesat hanya dalam waktu empat bulan, situs ini dapat dikategorikan sebagai situs yang sangat cepat perkembangannya. Di dalam kolom Statistik Komunitas-e dalam situs KayaKiye, sampai saat ini (Maret 2011) telah terdapat 409944 aktivitas, 201991 pertemanan, 281307 komentar.

16.  Catchfriend
Catchfriend situs web jejaring sosial murni buatan programmer Indonesia yang dibuat untuk mengimbangi popularitas Facebook. Secara umum fitur web ini sama dengan Facebook, namun mengurangi beberapa fitur Facebook, dan menambahkan fitur-fitur yang berbeda (belum ada di FB). Untuk Anda yang susah menghafal nama domain Catchfriend saat akan mengetikkannya di URL, Anda dapat mengakseskannya melalui http://www.rencang.com .

17. ematoh.com
Situs Jejaring Sosial Indonesia dan SMS Gratis ini adalah halaman Web yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan apa yang Anda lakukan setiap saat dalam pesan 140 karakter. Biasanya ini cukup untuk mengekspresikan perasaan Anda atau apapun yang ingin Anda katakan. Perasaan anda juga dapat diwakilkan dengan macam-macam smile yang dapat anda pilih pada menu smile. Dapatkan juga Kirim SMS Gratis Unlimited dari Seluruh Dunia ke Semua Operator GSM dan CDMA Indonesia. Anda bisa memilih Kirim sms dalam bentuk SMS Default atau Flash SMS, SMS GRATIS ini ke semua operator GSM dan CDMA Indonesia antara lain : (Telkomsel) Simpati, As, Halo, (Indosat) Mentari, Matrix, IM3, Starone, XL, (Natrindo) AXIS, (Hutchison) 3, (Telkom) Flexy, (Bakrie) Esia, Wifone, (Mobile-8) Fren, Mobi, Hepi, (Sampoerna) Ceria, Smart. Ayo bergabung di komunitas ematoh.com dan dapatkan Fasilitas Unlimited Kirim SMS Setiap Hari.

 18. ilmci.com
www.ilmci.com merupakan singkatan dari i love my country indonesia. Situs tersebut dibuat oleh Sofian Tjandera, asal Kalimantan Barat. saat ini situs itu berada di peringkat 78 ribu dunia. Namun setiap hari ada peningkatan peringkat antara 500 hingga 1.000 poin. Salah satu kelebihannya adalah terproteksi dari konten yang berisi tentang pornografi atau kekerasan. Selain itu, untuk mesin pencari yang disediakan di situs itu, hanya mencari kata-kata yang berkaitan dengan pendidikan. yang lebih utama adalah situs itu mengajari penggunanya untuk lebih mencintai produk dalam negeri.

19. statusbook.com
Sebuah jejaring sosial keren buatan anak Indonesia telah lahir : Statusbook.  situs yang digagas oleh Kompasianers (penggiat blog Kompasiana) terpopuler tahun 2010 Andy Syoekry Amal dan kawan-kawan yang ternyata sudah diluncurkan secara resmi sejak 5 Maret 2011.

20. Bambuzz.Com
 Situs persahabatan asli Indonesia yang diluncurkan oleh Balbatech Network, Facebook memang keren dan fenomenal, tapi tidak ada salahnya kalau kita sedikit nasionalis dengan menggunakan produk sendiri, di China hampir tidak ada yang menggunakan Facebook karena lebih memilih Xiaonei situs pertemanan besar di China.
Bambuzz sengaja diciptakan sangat mirip dengan Facebook, hampir semua fitur di facebook terdapat juga di Bambuzz, ppload foto, video, chatting, pesan, game, dll.
Akankah Bambuzz sesukses Xiaonei di China ? kita tunggu aja respon dari pasar Indonesia !!

21. Bergaul.com

Bergaul.com adalah situs komunitas Indonesia yang didirikan oleh perusahaan network DOT.US Indonesia.

Situs Bergaul.com adalah situs persahabatan dan pertemanan di dalam lingkungan pergaulan komunitas Indonesia untuk semua umur baik dari kalangan anak-anak, remaja sampai dengan dewasa.

Bergaul.com adalah wadah untuk anak-anak gaul seluruh Indonesia dari Sabang Sampai Merauke (kecuali Timor Leste) dari berbagai kalangan yang ingin bergaul lebih baik dan akrab biarpun hanya sekedar tukar informasi, ngobrol, curhat, dan mencari teman ataupun penyesuaian dalam pergaulan dan persahabatan.

Seperti diketahui bahwa pengguna Internet di Indonesia telah mencakup 10 - 20% dari pengguna Internet seluruh dunia, dimana posisi Indonesia sendiri di dalam dunia internet meduduki rangking 15 besar pada Negara Pengguna Fasilitas Internet terbesar di dunia.


Kalau masih ada yang lain dan belum saya masukkan disini tolong saya dikasih tau ya..??



1 komentar:

  1. Masih Ada Juga Jejaring Sosial Buatan Anak Indonesia Namanya Facewolrd.
    http://onlinetwork.grou.ps
    Situs Jejaring Sosial ini Bisa Mengupload Video, menulis di blog dan wiki, bisa dengerin musik, bisa chatting, bisa tatap muka.
    Jejaring Sosial Ini dibuat oleh anak Remaja Berusia 12 Tahun.

    BalasHapus