Selasa, 19 Mei 2020

Membuat SKL Online 2020

Di masa pandemi (Covid-19) seperti sekarang ini memaksa insan pendidikan khususnya wakil kepala sekolah urusan kurikulum harus menyediakan lembaran Surat Keterangan Lulus (SKL) untuk diserahkan ke peserta didik di tingkat akhir (kelas sembilan di jenjang SMP) guna sebagai lampiran atau prasayarat untuk mendaftar ke jenjang yang lebih tinggi (SMA Sederajd). Dan demi meminimalisir berkumpulnya para siswa di sekolahan tak hayal segala cara digunakan untuk bisa menyampaikan SKL kepada peserta didik, untuk membagikan SKL ada yang menggunakan cara mengirimkan FIle PDF , Photo (JPG/JPEG), link download  satu persatu ke peserta didik, ada juga yang mengiriman lembaran SKL melalui Pos surat. dalam blog ini akan kita bahas salah satu cara yang bisa dimanfaatkan untuk membagikan SKL secar real time dengan memanfaatkan akun media sosial WhatsApp. adapun langkah atau caranya sebagai berikut:
A. Alat dan Bahan
1. Menyiapkan tabel spreadsheet (excel) daftar peserta didik;
2. Menyiapkan file dokument (word
3. Akun Google Drive 
4. Aplikasi Direct Link Creator for Drive
5. Akun WhastApp
6. Aplikasi WhatsAuto

B. Proses Pengerjaan
Langkah Persiapan Spreadsheet
untuk menyiapkan kolom spreadsheet kita sesuaikan dengan format SKL yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan. sebagai contoh seperti ini.

data yang dibutuhkan untuk membuat database di spreadsheet diantaranya; nama, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, nomor induk sekolah, nomor induk siswa nasional, keterangan lulus dan tidak lulus, nilai rata-rata ujian sekolah masing-masing mata pelajaran jumlah rata-rata. untuk set kolom (database) di spreadsheet seperti dibawah ini. (simpan file excel dengan nama dBase_SKL2020).




Langkah Persiapan Dokumen
Untuk persiapan dokumen format SKL berpedoman dari dinas pendidikan dan kebudayaan kita sesuiakan atau ketik ulang di Microsoft Office Word, contoh nya sebagai berikut:

Langkah Persiapan Mail Merge
Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Langkahnya seperti berikut:

  1. Cari dan klik Mailings --> Select Recipiens --> use an Existing List --> Cari File Data excel yang telah selesai di buat dan di simpan (seperti contoh diatas menggunakan nama file dBase_SKL2020).


Bersambung ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar